Market Watch

Economic Calendar

Sabtu, 06 Februari 2010

Penerapan ACFTA untungkan bursa komoditas


JAKARTA (Bisnis Indonesia) : Bursa berjangka dapat mengambil manfaat dari penerapan Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA). ACFTA menawarkan peluang besar bagi prospek perdagangan ekspor RI di samping tantangan ekonomi yang muncul.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Deddy Saleh mengungkapkan hal positif yang bisa dimanfaatkan bursa lokal terkait dengan penerapan ACFTA, yang terkait dengan penyediaan bahan baku industri dan mayoritas ekspor RI berupa barang mentah. Dengan minat besar industri China terhadap bahan-bahan baku, Deddy melihat bursa berjangka dapat menjadi fasilitator antara produsen dan industri yang membutuhkan bahan baku. "Selama ini [barang mentah] langsung diekspor. Dengan adanya bursa, barang mentah itu dapat diperdagangkan lewat bursa yang tentunya mempunyai price reference." Selain itu terkait liberalisasi di sektor jasa, ini peluang bagi pialang berjangka lokal untuk bisa menarik masuk investasi dari Negeri Tirai Bambu ke Indonesia. Sebaliknya, inipun membuka peluang bagi pialang untuk masuk ke bursa China.

Menurut VP Commercial PT Monex Investindo Futures Mangontang Hutagalung, pihaknya antusias untuk masuk ke pasar China dengan dibuatnya kesepakatan. China telah mulai melakukan restocking bahan-bahan baku industri sejalan dengan prospek pemulihan ekonomi, termasuk batu bara yang dibutuhkan untuk memasok tenaga listriknya dan minyak sawit untuk berbagai kebutuhan. Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) M. Ikhsan Modjo mengatakan Indonesia bisa memanfaatkan keunggulan di sektor agribisnis dan pertambangan, yang mempunyai potensi ekspor yang besar terkait dengan pelaksanaan ACFTA.

0 komentar: