Market Watch

Economic Calendar

Jumat, 04 Juli 2008

Mampukah Dollar Pulih?

Minggu lalu kita melihat bahwa nasib the greenback berada di tangan Fed. Apakah Bernanke dan koleganya di FOMC benar-benar serius akan menaikkan suku bunga atau hanya sekedar gertakan saja? Setelah pernyataan resmi Fed yang bernada ambigu, pasar mengambil kesimpulan bahwa FOMC tidak cukup serius dalam memerangi inflasi, dan the greenback kembali melemah.

The Fed kehilangan kesempatan emas untuk “mengejutkan” pasar dengan kenaikan suku bunga minggu lalu. Malahan, sikap FOMC yang terkesan berlengah-lengah menyebabkan situasi semakin buruk. Harga minyak meroket menembus $140 per barrel, sementara pasar saham jatuh tajam dan dollar meneruskan pelemahannya terhadap beberapa mata uang utama dunia lainnya.

Minggu ini ada beberapa topik yang mungkin akan membuat minggu ini menjadi minggu yang menarik. Karena tanggal 4 Juli merupakan hari libur nasional di Amerika Serikat, maka laporan Non-Farm Payroll akan dirilis pada hari Kamis. Pada hari yang sama juga akan dirilis pengumuman suku bunga ECB berikut konferensi persnya. Volatilitas pasar sangat mungkin akan menjadi tinggi menjelang dirilisnya kedua data tersebut, terutama jika ada “kejutan” dari data yang dirilis. Namun juga tidak mengherankan apabila ternyata pasar cenderung menjadi “dingin” sebelum data tersebut dirlis dan baru akan menjadi sangat volatile pasca dirilisnya NFP maupun pengumuman suku bunga ECB.

Jika keadaan pasar tenaga kerja AS ternyata lebih buruk daripada yang diperkirakan pasar (dan data-data terakhir dari initial claims mendukung proyeksi ini!), maka prospek kenaikan suku bunga Fed akan meredup. Kombinasi dari memburuknya data ekonomi AS serta kebijakan moneter yang ketat dari ECB dapat menyeret dollar ke arah pelemahan yang lebih jauh dalam beberapa hari ke depan

0 komentar: