Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 23 Juli 2009

Investor : Bernanke Terbaik di Seluruh dunia



WASHINGTON, KOMPAS.com — Investor global memberikan acungan jempol bagi Pimpinan The Federal Reserve, Ben S Bernanke, dalam menangani krisis ekonomi global terburuk sejak Great Depression. Tak heran, jika investor dunia menempatkan Bernanke pada posisi teratas sebagai orang yang paling sukses dalam memperbaiki kondisi ekonomi dunia.

Hasil survei Quarterly Bloomberg Global Poll menunjukkan, sekitar 61 persen dari investor yang disurvei mengatakan, perekonomian dunia saat ini mulai pulih dan stabil. Bahkan, hampir 75 persen menyatakan kekagumannya terhadap pimpinan The Fed yang kini berusia 55 tahun tersebut.

“Bernanke merupakan yang terbaik, mungkin di seluruh dunia,” jelas Wallace Lin, Investment Manager Euro Asset Management di Hongkong. Dalam hasil survei tersebut juga dapat diketahui kalau Bernanke mendapatkan apresiasi yang lebih tinggi dibanding rekan-rekan sejawatnya di beberapa bank sentral utama dunia, termasuk Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet.

Dukungan terhadap Bernanke terus mengalir meskipun saat ini dia tengah menghadapi kritik kongres yang mengatakan The Fed melampaui wewenangnya dengan membantu institusi finansial di tengah krisis. Hal ini juga membuat Bernanke berkesempatan untuk terpilih kembali sebagai pimpinan The Fed. Sebelumnya, Presiden Barack Obama memang pernah memuji kinerja Bernanke, tetapi tak dijelaskan apakah dia akan memilih kembali Bernanke atau tidak.

Sejumlah investor bahkan mengungkapkan kekhawatirannya jika Bernanke tidak terpilih kembali. “Jika dia tidak terpilih lagi, hal ini bisa berdampak serius terhadap pasar saham dan perekonomian,” jelas Jack Liebau, President of Pasadena, Liebau Asset Management Co. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

0 komentar: