Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 08 Oktober 2009

Kontrak emas loco London resmi masuk daftar SPA

oleh : Berliana Elisabeth S.


JAKARTA (Bisnis.com): Kontrak derivatif emas loco London resmi masuk dalam daftar kontrak derivatif yang diperdagangkan dalam sistem perdagangan alternatif (SPA), sehingga saat ini terdapat tiga kontrak dalam SPA yakni mata uang asing (foreign cross currencies), indeks saham asing, dan emas loco London.

Masuknya kontrak emas loco London dalam daftar kontrak derivatif SPA ini tertuang dalam peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang baru yakni Peraturan Kepala Bappebti No. 72/BAPPEBTI/Per/9/2009 tentang Kontrak Derivatif Yang Diperdagangkan Dalam Sistem Perdagangan Alternatif.

SK No.72 ini ditandatangani Kepala Bappebti Deddy Saleh pada 28 September 2009 dan otomatis peraturan baru ini sah diberlakukan sesuai tanggal ditandatanganinya. Dengan berlakunya peraturan ini, maka ketentuan Pasal 4 dan Pasal 5 SK No.55 tahun 2005 tentang SPA yang sudah diubah dengan SK No.58 tahun 2006 tentang SPA dinyatakan tidak berlaku.

Dalam Pasal 4 SK No.55 disebutkan kontrak derivatif yang dapat diperdagangkan dalam SPA adalah kontrak derivatif antar mata uang asing (foreign cross currency) dan indeks.

Dalam siaran persnya Deddy mengatakan peraturan baru ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan perlindungan kepada masyarakat dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha dalam SPA.

Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) menurut Pasal 1 SK No.55 adalah sistem perdagangan yang berkaitan dengan jual beli kontrak derivatif yang dilakukan secara bilateral dengan penarikan margin.

Hal-hal lain yang tertuang dalam SK No.72 ini tidak jauh berbeda dengan SK No.55 dan 58.

Sistem Perdagangan Alternatif ini mendominasi transaksi di Bursa Berjangka Jakarta yakni rata-rata lebih dari 90% dari total transaksi setiap bulannya, sisanya merupakan transaksi kontrak berjangka komoditas. Transaksi SPA ini tidak melalui bursa, melainkan bilateral yang terjadi di perusahaan pialang peserta SPA dengan nasabah, selanjutnya transaksi ini akan dicatatkan ke bursa.

0 komentar: