Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 05 Februari 2009

Bappebti siapkan profesi penasihat berjangka

oleh : Berliana Elisabeth S.


JAKARTA (Bisnis.com): Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) tengah menyiapkan untuk mengadakan profesi penasihat berjangka.

"Kita tengah membuka peluang untuk adanya profesi penasihat berjangka, karena profesi ini diatur dalam UU Perdagangan Berjangka Komoditi," kata Kepala Bappebti Deddy Saleh kepada Bisnis.

Profesi penasihat berjangka ini, lanjut Deddy, akan bertugas memberikan nasihat kepada nasabah untuk melakukan transaksi berjangka.

"Sekarang badan pengawas melarang tenaga pemasaran (marketing) berhubungan langsung dengan nasabah. Kalau butuh nasihat ya dengan penasihat berjangjka ini," kata Deddy.

Deddy menambahkan penasihat berjangka ini bisa perorangan atau bisa juga dengan� mendirikan perusahaan khusus penasihat berjangka. "Bisa bentuknya perorangan tinggal minta izin ke Bappebti, jadi kami membuka peluang, tidak ada kaitannya dengan marketing," tutur Deddy.

Dengan memberi nasihat kepada nasabah, penasihat berjangka akan memperoleh fee. "Jenis profesi penasihat berjangka mungkin nantinya seperti konsultan pajak. Saya tidak tahu di bursa efek ada tidak. Seperti perencana keuangan mungkin. Kita sedang pelajari, peraturannya sedang kita susun," tutur Deddy.

0 komentar: