Market Watch

Economic Calendar

Sabtu, 28 Februari 2009

Ekonomi Hong Kong diprediksi turun 2%-3%


HONG KONG (Bloomberg): Ekonomi Hong Kong diperkirakan mengalami kontraksi pertama sejak 1998 di saat krisis finansial terburuk mengurangi ekspor dan jumlah tenaga kerja.

Produk domestik bruto (PDB) diprediksi menurun 2%-3% pada 2009, kata Menkeu John Tsang dalam pidato anggaran hari ini. Ekonomi mencatat kenaikan 2,5% tahun lalu. Krisis finansial global menekan permintaan ekspor dan menyeret indeks saham Hang Seng anjlok 53% sejak awal tahun lalu.

Tsang menyatakan pemerintah berencana mengeluarkan dana HK$1,6 miliar (US$200 juta) untuk tiga tahun ke depan demi membuka 62.000 lapangan kerja.

"Sektor perdagangan kami sedang buruk dan diperparah dengan lesunya angka konsumsi serta tingginya pengangguran. Hasilnya mungkin akan terlihat pada akhir tahun ini saat efek stimulus mulai terasa pada perekonomian," ujar Joanne Yim, ketua ekonom pada Hang Seng Bank Ltd Hong Kong.

PDB menurun 2,5% pada kuartal IV/2008 setelah naik 1,7% pada kuartal III. Indek Hang Seng meningkat 1,4% pada pukul 11:23 waktu Hong Kong. Tsang memperkirakan terjadinya defisit anggaran HK$4,9 miliar, pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

"Ekonomi Hong Kong diperkirakan mengalami kontraksi 3,4% pada 2009 dibandingkan tahun sebelumnya. Perubahan tidak akan terasa dampaknya sampai ekspor kembali stabil, yang mungkin tercapai pada semester kedua tahun ini," kata seorang ahli ekonomi UBS AG di Hong Kong.

PCCW Ltd, perusahaan telepon terbesar di Hong Kong, menyebutkan mereka memecat sekitar 80 orang karyawan minggu lalu. HSBC Holdings Plc mengumumkan pemberhentian 450 orang karyawanya di Hong Kong pada November lalu.

Pada Desember, Standard Chartered Plc menyatakan melakukan pemangkasan sekitar 200 orang. Pengangguran meningkat 0,5% menjadi 4,6% pada periode tiga bulan sampai Januari, angka tertinggi sepanjang satu dekade terakhir.

Pemerintah memberikan kredit untuk para pengusaha, kemudahan infrastruktur dan dorongan untuk pembukaan lahan usaha. Otoritas Moneter Hong Kong Oktober lalu memperkecil perbedaan antara base rate-nya dan U.S. Federal Funds Target Rate demi menaikan liquiditas pada sistem keuangan. Angka base rate di Hong Kong sebesar 50 basis poin di atas Fed rate, dibandingkan 150 basis poin sebelumnya. (T01/tw)

0 komentar: