Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 18 Februari 2009

Senat Australia setujui stimulus US$28 miliar

oleh : Ratna Ariyanti

CANBERRA (Bloomberg): Senat Australia akhirnya menyetujui paket stimulus senilai A$42 miliar atau US$28 miliar pada pemungutan suara kedua guna menghindari terjadinya resesi pertama di negara tersebut dalam 18 tahun.

Pemungutan suara pertama yang berlangsung kemarin tidak menemui hasil karena pemerintah tak menyetujui usulan Senator Independen Nick Xenophon.

Negosiasi antara Xenophon dengan pemerintah berakhir pada pukul dua dini hari waktu Australia dan dimulai lagi empat jam sesudahnya.

Pemerintah menyetujui untuk memangkas anggaran bagi penduduk berpenghasilan rendah dan meningkatkannya di sistem pengairan Murray-Darling guna memperoleh persetujuan dari Xenophon. Kawasan pertanian di sepanjang sistem pengairan ini menghasilkan separuh dari total produksi agribisnis di Australia.

“Kami akhirnya dapat mencapai kompromi. Saya akan mendukung paket stimulus pemerintah,” ujarnya.

Koalisi Liberal-Nasional semula menentang rencana paket stimulus tersebut karena beranggapan paket tersebut menghabiskan dana yang terlalu besar.

Pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar A$12,7 miliar guna membantu masyarakat dan penduduk berpenghasilan rendah. Selain itu, pemerintah negara itu juga akan mengalokasikan anggaran sebesar A$28,8 miliar untuk pembangunan sekolah, jalan raya, rumah sakit, dan upaya penghematan energi. Rencana itu membuat anggaran Australia menjadi defisit dalam 12 bulan sampai 30 Juni, penurunan pertama kali sejak tahun fiskal 2001-2002.

Proyeksi Departemen Keuangan Australia menunjukkan perekonomian dalam negeri akan mengalami perlambatan pada tahun ini dan tahun depan jika paket stimulus ini tidak digulirkan.

Stimulus akan membantu mendongkrak produk domestik bruto Australia sebesar 1% pada tahun fiskal ini dan 0,75% di tahun fiskal yang berakhir 30 Juni 2010.

Jajak pendapat yang dirilis di surat kabar Australia menunjukkan dukungan terhadap pemerintahan Rudd meningkat setelah rencana paket stimulus diumumkan pada pekan lalu.(er)

0 komentar: