Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 05 Februari 2009

Perdagangan Berjangka Derivatif Menguntungkan

oleh : M. Tahir Saleh & Nana Oktavia Musliana

JAKARTA (bisnis.Com): Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) menyatakan perdagangan berjangka derivatif di bursa saat ini sebenarnya memberikan keuntungan yang cukup bagi investor.

Dirut BBJ Hasan Zein Mahmud mengatakan perdagangan berjangka derivatif menguntungkan hanya saja diperlukan reputasi yang bisa menjadi daya tarik.
"Sayangnya perdagangan derivatif di BBJ belum ada reputasi seperti di pasar modal," katanya dalam Seminar Propek Investasi Emas hari ini.
Hasan mengatakan alasan belum adanya reputasi adalah karena misi dari industri perdagangan berjanga belum berjalan hingga kini.
Dia menjelaskan dalam segmen perdagangan di BBJ terdapat dua segmen yakni Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) yang memperdagangkan valuta asing dan indeks saham asing. Segmen kedua, lanjut dia, yakni perdangan berjangka komoditas yang memperdagangkan sejumlah komoditas sesuai dengan UU No.32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.
"Di luar negeri selalu ada dua segmen tersebut baik di bursa maupun di luar bursa (over the counter), tetapi tentu harus regulated." (tw)

0 komentar: