Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 04 Maret 2009

China kirim delegasi kaji peluang investasi di Eropa

BEIJING (Bloomberg): Menteri Perdagangan China Chen Deming mengungkapkan akan mengirim delegasi ke Eropa pekan ini untuk melakukan penelitian peluang investasi, termasuk merger, akuisisi.Chen menjelaskan hal itu kepada pers sebelum pertemuan dengan badan penasehat parlemen nasional hari ini. Delegasi, tambahnya, akan mengunjungi Swiss, Spanyol, Inggris, dan Jerman.
Kelompok pembelian bulan lalu juga melakukan lawatan ke negara-negara tersebut.Chen mengatakan perusahaan-perusahaan China membelanjakan hampir US$15 miliar dalam kunjungan empat negara sebelumnya. Pengusaha Jerman menandatangani perjanjian perdagangan senilai US$10 miliar dengan delegasi itu. Menurut dia, saat ini China tengah berupaya menggenjot perdagangan global dan melawan jebloknya kinerja ekonomi.Dia menambahkan China berniat meningkatkan investasi di luar negeri untuk membantu neraca pembayaran internasional.
Selama Februari, lanjutnya, ekspor dan impor bakal lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Negara ini mencatat surplus perdagangan sebesar US$39,1 miliar pada Januari, kedua terbesar, seiring dengan turunnya impor 43,1% dari tahun sebelumnya.(yn)

0 komentar: