Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 19 Maret 2009

Ekonomi China beri sinyal awal stabil


BEIJING (Bloomberg): Bank Dunia melaporkan perekonomian China memperlihatkan sinyal awal ke arah stabil setelah pemerintah memberikan jaminan investasi untuk melawan lemahnya ekspor.

Bank Dunia memangkas estimasi pertumbuhan perekonomian tahun ini menjadi 6,5% dalam laporan triwulan yang dirilis di Beijing hari ini. Perkiraan sebelumnya pada November sebesar 7,5%.

China bertahan dari keterpurukan global lebih baik dibandingkan dengan banyak negara karena sektor perbankan terhindar dari krisis finansial. Di sisi lain, pemerintah dengan cepat mengeluarkan paket stimulus sebesar 4 triliun yuan (US$585 miliar). Investasi pemerintah memberi pengaruh sebesar 26% tahun ini dan memberi kontribusi tiga perempat dari ekspansi ekonomi.�

"Meski pertumbuhan China tergolong lambat, tetapi tetap lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara lain. Kebijakan stimulus akan mengurangi kemerosotan dengan mendukung permintaan domestik, produksi, dan pekerja,” papar Bank Dunia.

Perdana Menteri Wen Jiabao minggu lalu menyatakan target pertumbuhan sebesar 8% sulit dicapai tapi bukan hal yang tidak mungkin. Dia menambahkan kemungkinan pemerintah menambah stimulus sewaktu-waktu. Rancangan belanja sampai 2010 termasuk pembangunan jalan, jaringan listrik, pipa saluran, dan rumah murah.

Bank Dunia menjelaskan bagian yang paling penting dari kenaikan kredit di China pada 2 bulan pertama tahun ini, yakni dana untuk proyek infrastruktur. Investasi sektor swasta akan berkurang pada 2009 setelah memberikan kontribusi terbesar di belanja aktiva tetap sepanjang 2 tahun terakhir, memberikan peran yang penting kepada pemerintah.

Estimasi Bank Dunia, baik baru maupun yang lama, pertumbuhan berada pada persentase yang terlemah sejak 1990, setelah semakin dalamnya kemerosotan pada kuartal empat tahun lalu.

"Indikasi stabil telah ada sebelumnya walaupun di tengah lemahnya ekonomi internasional, terlalu dini untuk mengharapkan pertumbuhan yang sustain. Pertumbuhan China hanya akan menguat signifikan dan berlanjut jika ekonomi dunia membaik, dan sepertinya hal ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat."(t03/yn)

0 komentar: