Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 04 Maret 2009

ECB diprediksi pangkas bunga sampai terendah

oleh : M. Yunan Hilmi

LONDON (Bloomberg): F&C Asset Management memprediksi European Central Bank memangkas suku bunga patokan di luar perkiraan sebesar 1% poin pekan ini menyusul makin memburuknya kinerja ekonomi.Penurunan 1% akan mendorong suku bunga dari dana di kawasan sebanyak US$1,2 triliun menjadi 1%, terendah dalam 10 tahun sejarah ECB.
Seluruh ekonom yang disurvei Bloomberg, 55 orang, memprediksikan bank sentral berbasis di Frankfurt itu bakal memangkas 0,50% poin dalam pertemuan 5 Maret."Kawasan euro mengalami masalah berat. Saya yakin ECB harus membuat pernyataan penting.
Sejak pertemuan terakhir mereka, pasar modal terus terpuruk, kinerja belanja konsumen suram, dan timbul persepsi pasar prospek membaiknya situasi makin terbatas," kata Michiel de Bruin, analis F&C Asset Management Belanda di Amsterdam.Komisi Eropa memprediksikan perekonomian kawasan euro menciut 1,9% tahun ini. Selama kuartal IV/2008 ekonomi mengalami kontraksi 1,5%.
Pada Desember, anggota dewan ECB Axel Weber menolak penurunan 15 poin dan rekannya Yves Mersch mengatakan cakupan penurunan itu sangat terbatas. Hal itu mengisyaratkan ECB tidak mungkin mengikuti kebijakan suku bunga Federal Reserve dan Bank of England.Fed menargetkan suku bunga antara 0% sampai 0,25%. Bank of England, yang menggelar pertemuan pada hari sama dengan ECB, memangkas suku bunga patokan menjadi 1%.(yn)

0 komentar: