Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 17 Maret 2009

Keyakinan investor di Jerman naik tertinggi

FRANKFURT (Bloomberg): Keyakinan investor Jerman secara tidak terduga naik ke level tertinggi dalam 2 tahun pada Maret setelah European Central Bank memangkas suku bunga pinjaman ke rekor terendah.

ZEW Center untuk European Economic Research di Mannheim menjelaskan indeks investor dan ekspektasi analis naik menjadi minus 3,5 dari minus 5,8 pada Februari. Angka itu merupakan yang tertinggi sejak Juli 2007. Padahal, menurut estimasi median 39 ekonom yang disurvei Bloomberg News turun ke minus 8.

Pada 5 Maret ECB menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 1,5% untuk mengatasi kondisi ekonomi paling buruk dalam 60 tahun. Di Jerman, koalisi Kanselor Angela Merkel mengetujui anggaran senilai 80 miliar euro (US$104 miliar) untuk stimulasi pertumbuhan ekonomi. Sementara sepanjang bulan ini, indeks saham DAX Jerman naik 8%, lebih baik dari penurunan 17% tahun lalu. Laporan ZEW menyebutkan mata uang euro menguat menjadi US$1,3021.

"Ekspektasi di kalangan investor tengah membaik. Investor melihat pada pasar saham untuk mencari keyakinan yang sedikit lebih baik, namun pada perekonomian tidak ada sinyal kita mendekati titik terendah," kata Kenneth Broux, ekonom Lloyds Banking Group Plc in London.

Untuk kondisi saat ini, indeks ZEW turun menjadi minus 89,4 dari minus 86,2 di Februari, terendah sejak September 2003.

Meksi begitu, terdapat tanda-tanda resesi di Jerman makin dalam. Produksi sektor industri anjlok 7,5% pada Januari dari Desember, penurunan terbesar sejak penggabungan Jerman pada 1991. Order pabrikan jatuh 38% dari tahun sebelumnya setelah permintaan ekspor meerosot. Pengangguran naik pada Februari untuk empat bulan berturut-turut, mendorong tingkat pengangguran menjadi 7,9%. Sementara keyakinan bisnis anjlok ke level terendah dalam 26 tahun.

Institur Kiel-based IfW memperkirakan GDP Jerman anjlok 3,7% tahun ini, lebih besar dari perkiraan Desember sebesar 2,7%. ECB memprediksi ekonomi dari 16 negara anggota euro menciut sekitar 2,7% tahun ini dan stagnan pada 2010.

Di sisi lain, Volkswagen AG, produsen mobil terbesar Eropa, memprediksi kerugian pada kuartal pertama dan menurunkan target pendapatan tahun ini.(yn)

0 komentar: