Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 10 Desember 2008

BBJ luncurkan perdagangan kontrak emas


oleh : Berliana Elisabeth S.


JAKARTA (bisnis.com): PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) mulai hari ini meluncurkan perdagangan kontrak gulir emas berdenominasi dolar AS (KGEUSD).

Perdagangan KGEUSD mengambil referensi harga emas pasar fisik di London (Loco London) dalam satuan 100 troy ounce (3.110,35 gram).

"Peluncuran kontrak KGEUSD ini dalam rangka menambah alternatif investasi yang ada dan memenuhi permintaan pasar," kata Dirut BBJ Hasan Zein Mahmud dalam acara peluncuran KG di Hotel Shangri-La siang ini.

Satuan harga yang digunakan KGEUSD adalah troy ounce dengan perubahan minimum sebesar 0,05 dolar AS per troy ounce (US$5 per satuan kontrak).

Kontrak gulir emas ini diperdagangkan setiap hari perdagangan mulai pukl 07.00-01.30 WIB untuk musim panas dan pk 07.00-02.30 WIB untuk musim dingin.

"Nantinya jam perdagangan ini akan diperpanjang menjadi 24 jam mengikuti perdagangan emas di dunia," kata Hasan.

BBJ sebenarnya sudah mentransaksikan kontrak gulir emas sejak Juni 2008 namun bersatuan kilogram dan berdenominasi rupiah. Adapun KGEUSD yang baru diluncurkan berdenominasi dolar AS bersatuan 100 troy ounce. Volume transaksi berdenominasi rupiah periode November di BBJ mencapai 66 lot.

Dia optimistis kontrak gulir emas berdominasi dolar ini akan direspons pelaku asar. Selama ini KGEUSD sebenarnya sudah ditransaksikan oleh pialang anggota bursa melalui sistem over the counter (OTC).

"Jawa Timur saja pada salah satu pialang, transaksi KGEUSD mencapai 1.000 lot per hari. Itu terjadi tahun 2006 dan diperdagangan melalui OTC."

Jadi bursa ingin agar transkasi KGEUSD ini diperdagangkan melalui sistem multilateral yakni sistem yang disediakan di bursa. Dengan mulai ditransaksikannya KGEUSD melalui sistem multilateral ini maka transaksi secara bilateral (OTC) ditiadakan. (tw)

0 komentar: