Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 11 Desember 2008

Bursa Eropa ditutup naik tipis

oleh : Taufik Wisastra

LONDON (Bloomberg): Indeks di bursa efek Eropa ditutup naik tipis didorong penguatan harga saham produsen komoditas dan mobil yang menutupi penurunan harga saham perusahaan media.

Harga saham Rio Tinto Group naik 20% setelah perseroan menyatakan akan mengurangi belanja untuk mengurangi utang dan memberhentikan 14.000 karyawwaan.

Harga saham Bayerische Motoren Werke AG (BMW) meningkat 2,3% di tengah spekulasi angggota parlemen akan menyetujui bailout US$15 miliar terhadap perusahaan mobil di Amerika Serikat.

Vivendi SA, yang menguasai lebih dari setengah saham Activision Blizzard Inc, dan Game Group Plc mencatat penurunan harga sekitar 3%, sementara rivalnya Electronic Arts menurunkan prediksi pendapatannya.

Indeks Dow Jones Stoxx 600 kemarin ditutup naik kurang dari 0,1% menjadi 205,37. Indeks merosot 44% sepanjang tahun ini, sementara para pembuaat kebijakan dan pemerintah memperkenalkan langkah untuk mendorong perekonomian.

"Mayoritas investor memerlukan penegasan apakah industri otomotif akan dibantu," ujar Chris Tinker, kepala rriset ekuitas pada ICAP Apollo Plc di London. (tw)

0 komentar: