Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 11 Desember 2008

Energi dan logam gairahkan Wall Street

oleh : Taufik Wisastra

NEW YORK (Bloomberg): Indeks saham di Wall Street ditutup menguat didorong kenaikan harga energi dan logam di tengah kekhawatiran Kongres AS tidak ingin menyelamatkan industri otomotif negara itu.

Harga saham Chesapeake Energy Corp melonjak 23% dan harga saham Peabody Energy Corp mencatat reli 19% seiring dengan kenaikan harga minyak mentah dan batu bara. Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, produsen tembaga terbesar, mencatat kenaikan harga saham 16%.

Harga saham General Motors Corp berbalik dari kenaikan lebih dari 6% dan saham Ford Motors Co terganjal saat anggota Senator dari Partai Republik berjanji akan menghadang rancangan untuk menyelamatkan industri otomotif.

"Meski resesi mereda, harga energi dalam jangka panjang diperkirakan masih tetap positif," ujar Eric Teal, chief investment officer pada First Citizens BancShares Inc di Raleigh, North Carolina, yang mengelola dana US$5 miliar.

Indeks Standard & Poor’s 500 ditutup naik 1,2% menjadi 899,22, di mana produsen eenergi dan bahan baku memimpin kenaikan di antara 10 kelompok industri. Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 70,09 poin (+0,8%) ke posisi 8.761,2. (tw)

0 komentar: