Market Watch

Economic Calendar

Senin, 01 Desember 2008

Harga emas spot pagi ini US$809,90 per ounce

oleh : Lahyanto Nadie

JAKARTA: Harga emas di pasar spot pagi ini tercatat di level US$809,90 per ounce atau menurun jika dibandingkan dengan level akhir pekan lalu yang bertengger di tingkat US$813,30 per ounce, ungkap siaran televisi CNBC.

Harga emas naik untuk kelima kalinya dalam sepekan karena spekulasi penurunan nilai tukar dolar yang terus melebar, meningkatkan permintaan terhadap logammulia itu sebagai alternatif investasi.

Sedikitnya 22 dari 35 pedagang, investor dan analis yang disurvei dari Melbourne hingga Dallas pada 26-28 November memberikan rekomendasi untuk membeli emas, yang naik 3,4% pekan lalu menjadi US$819 per ounce di New York. Delapan menyatakan jual dan lima lainnya netral.

Nilai tukar dolas AS turun 1,9% pekan lalu terhadap enam mata uang utama. Harga emas naik mencapai rekor pada Maret. Dolar AS tertekan hingga penurunan mingguan keempat terhadap yen Jepang setelah Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat, berkomitmen menambah dana bantuan senilai US$800 miliar untuk mencairkan pasar kredit.

Hal ini mengurangi kepanikan pasar yang akhirnya kembali melepas mata uang AS ini.

Hasil survei terakhir adalah yang menyatakan bullish 22, bearish 8 dan netral 5.

Sementara itu, dari London Bloomberg melaporkan emas diperdagangkan mendekati tertinggi lima pekan di London karena spekulasi Federal Reserve bakal memangkas suku bunga melemahkan dolar AS, sehingga mengangkat kinerja logam mulia itu sebagai alternatif investasi.(ln)

0 komentar: