Market Watch

Economic Calendar

Minggu, 14 Desember 2008

Dow Jones Melonjak Sambut Paket Darurat Otomotif

NEW YORK, SABTU - Nilai saham di bursa Wall Street kembali melonjak setelah sempat terperosok pada sesi awal setelah pemerintah AS berjanji akan membantu 3 produsen kendaraan terkemuka AS yang terancam bangkrut. Indeks industrial Dow Jones sempat anjlok lebih dari 200 poin dalam transaksi awal saat paket dana talangan 14 miliar dollar AS tidak disetujui oleh senat.

"Sulit mengatakan bahwa ini merupakan awal pemulihan nilai saham, tetapi bisa saja demikian," kata Matt King, kepala investasi Bell Investment Advisors. "Sepertinya setelah beberapa hari, catatan transaksi penutup akhir pekan ini memberikan harapan positif."

Sepekan lalu, bursa Wall Street diguncangkan oleh laporan Departemen Tenaga Kerja AS mengenai pemutusan hubungan kerja di AS terhadap 553.000 orang November tahun ini. Kalangan investor telah menunjukkan toleransi yang lebih besar terhadap laporan prospek korporat dan ekonomi yang buruk.

Kalangan investor yakin pasar kemungkinan telah dihadapkan pada kenyataan terburuk dalam transaksi 3 bulan terakhir. Sebagian besar analis yakin kalangan investor Wall Street akan lebih menaruh kepercayaan terhadap langkah pemerintah AS untuk menstimulasi ekonomi termasuk lewat penawaran program dana talangan senilai 700 miliar dollar AS.

Indeks Dow Jones mengalami kenaikan 64,59 atau 0,75 persen serta ditutup pada 8.629,73. Indeks Dow Jones merosot 196 poin Kamis (11/12) saat meningkatnya kekhawatiran pasar terhadap kemungkinan tak diloloskannya dana talangan di kalangan senat. Dalam sepekan terakhir, Dow Jones ditutup menurun dengan kisaran lebih dari 6 poin atau 0,07 persen.

0 komentar: