Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 11 Desember 2008

Menggelembung, Defisit Anggaran AS






WASHINGTON, - Defisit anggaran AS menggelembung lebih dari 400 miliar dollar AS dalam dua bulan pertama tahun fiskal 2009. Posisi ini hampir menyamai rekor gap dari tahun sebelumnya menurut data departemen keuangan, Rabu (10/12).

efisit federal menggelembung hingga mencapai sebesar 401,57 miliar dollar AS pada Oktober dan November, 2,5 kali ukuran periode sama tahun lalu.

Defisit dua bulan tersebut merepresentasikan 88 persen dari keseluruhan fiskal 2008 yang defisit 454,79 miliar dollar AS, rekor tertinggi.

Pada November sendiri, defisit melebar 67,3 persen dari periode sama setahun lalu, menjadi 164,39 miliar dollar AS. November biasanya adalah sebuah bulan defisit, kata depkeu.

Akan tetapi, tahun fiskal ini ditandai oleh krisis finansial global mendalam yang telah melemparkan ekonomi AS dan negara-negara maju lainnya ke dalam resesi.

Ledakan defisit publik dalam dua bulan lalu terjadi karena pemerintah AS meminjam dan membelanjakan miliaran dollar AS dalam upaya membuka kebekuan kredit dan menstimulus pertumbuhan di ekonomi terbesar dunia tersebut, yang merosot ke dalam resesi setahun lalu.

Beberapa analis memproyeksikan defisit federal akan mencapai satu triliun dollar AS tahun ini.

0 komentar: