Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 30 Juni 2009

Pengangguran di Jerman turun jadi 8,1%

FRANKFURT (AP): Tingkat pengangguran di Jerman turun menjadi 8,1% pada Juni seiring dengan program penempatan pekerja pada jam kerja lebih pendek mampu menstabilkan sektor tenaga kerja di tengah resesi yang makin serius.

Federal Labor Agency mengatakan tingkat pengangguran turun dari 8,2% pada Mei. Total jumlah pengangguran yang terdaftar turun sebesar 48.000 dari Mei menjadi 3,41 juta. Meski begitu, Jerman saat ini memiliki seperempat juta lebih pengangguran dibandingkan dengan posisi Juni 2008.

Agensi itu menjelaskan perusahaan-perusahaan Jerman menggunakan pekerja dengan jam kerja yang lebih pendek untuk melindungi selama kondisi menurun sehingga jumlah pengangguran tidak naik tinggi.

"Meskipun terjadi penurunan produksi besar-besaran, perubahan saat ini masih relatif moderat, khususnya terlihat pada kuatnya partisipasi atas program kerja jangka pendek guna mengstabilkan pasar tenaga kerja," papar pernyataan agensi itu.

Meski begitu, agensi itu mengatakan adanya tekanan tenaga kerja seiring dengan krisis ekonomi yang berlanjut sehingga memangkas permintaan produk buatan Jerman.

Perekonomian Jerman, terbesar Eropa, diperkirakan menciut 6% atau lebih tahun ini dan mencatat minimal pertumbuhan terbaik pada 2010.(yn)

0 komentar: