Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 27 November 2008

Bursa saham Eropa jatuh

LONDON (Bloomberg): Bursa Saham Eropa terperosok untuk pertama kali dalam masa tiga hari terakhir dipicu penurunan saham perusahaan keuangan, utilitas, dan perusahaaan makanan saat perhatian terhadap resesi dunia yang makin mendalam.

GDF Suez SA turun 4,1% menyusul perkiraan perusahaan penyedia utilitas terbesar kedua di dunia itu menghadapi penurunan pendapatan kuartal IV tahun ini, kecuali harga gas alam yang mengalami kenaikan.

Suisse Group AG, ING Groep NV, dan Royal Philips Electronics NV turun sekitar 3% setelah sebuah laporan mengungkapkan permintaan makanan awet di Amerika Serikat turun dua kali sebanyak yang diperkirakan pada Oktober.

Index Dow Jones Stoxx 600 tergelincir 1,4% menjadi 196,02 hingga 2:50 waktu London.

Dalam perhitungan terakhir naik sebesar 0,7% setelah China menurunkan suku bunga patokan , lebih kurang tiga minggu setelah mengumumkan paket rencana stimulus ekonomi sebesar 4 triliun yuan (US$586 miliar).

“Pemerintah menyadari perlunya langkah respon cepat untuk mengtasi krisis. Pasar berusaha untuk mempertahankan beberapa platform. Kami tidak melihat prospek kabar bagus dalam beberapa bulan ini,” ungkap Mike Lenhoff, Pimpinan Strategi Brewin Dolphin Securities Ltd di London, yang menangani dana kelolaan pasar global sebesar US$36,4 miliar.

The Stoxx 600 terperosok hingga 46% pada tahun ini, yang merupakan rekor terburuk setelah mengalami kredit merugi dan penghapusan piutang mendekati US$1 miliar.

Perekonomian Eropa tergelincir ke dalam resesi pertama dalam 15 tahun terakhir sejak kuartal III tahun ini.

Catatan belanja konsumen di Inggris jatuh sangat dalam sejak 1995 dan nilai investasi turun drastis semenjak kuartal III disebabkan kontraksi ekonomi.

GDF Suez terguling jatuh hingga 4,1% menjadi 31.435 euro. Pengelola utilitas terbesar kedua di dunia menyebutkan perkiraan penurunan sebesar 440 juta euro (US$570,3 juta) dalam kuartal IV kecuali Pemerintah Prancis menaikan harga gas alam sebelum akhir tahun untuk dapat menolongnya.(api)

0 komentar: