Market Watch

Economic Calendar

Senin, 17 November 2008


OPEC putuskan pangkas produksi Desember


DUBAI (Bloomberg): Organisasi Negara Pengekspor Minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) akan memangkas produksi minyak negara anggotanya pada pertemuan tingkat tinggi di Ora, Algeria, bulan depan.

"Kami sepertinya tidak akan memutuskannya [untuk menurunkan volume produksi] di Kairo," ujar Presiden OPEC Chakib Khelil yang juga Menteri Energi Algeria seperti ditulis Bloomberg. OPEC akan mengadakan pertemuan di Kairo pada 29 November nanti, sedangkan pertemuan di Ora akan diselenggarakan bulan depan.

Dia menjelaskan saat ini informasi yang dibutuhkan organisasinya dan negara anggota belum cukup untuk mengambil kesimpulan, tetapi Presiden OPEC itu memastikan bakal memangkas volume produksi minyak pada pertemuan bulan depan.

Organisasi negara pengekspor minyak yang mengontribusi 40% terhadap volume minyak mentah dunia itu merencanakan pertemuan di Kairo, Mesir, untuk membahas pasar minyak mentah dunia dan langkah antisipatif yang dapat dilakukan guna menahan penurunan harga.

Harga minyak mentah sempat menyentuh US$54,67 per barel pada 13 November, yang merupkana level terendah sejak 21 bulan terakhir. Sebelumnya, OPEC elah memotong volume produksi minyak negara anggotanya sebesar 1,5 juta barel per hari pada pertemuan di Wina bulan lalu.

0 komentar: