Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 27 November 2008


Korsel terima US$4 miliar dari Federal Reserve



SEOUL (Bloomberg): Bank sentral Korea Selatan akan menerima US$4 miliar dari Federal Reserve melalui currency-swap untuk pertama kali guna memasok dolar AS bagi bank lokal di tengah ketatnya likuiditas.

Bank of Korea akan menyediakan dana itu melalui lelang pada 2 Desember dan berencana memperoleh tambahan dolar AS dari the Fed jika memungkinkan. Demikian dalam pernyatan bank sentral di Seoul hari ini.

Fed setuju menyediakan US$30 miliar masing-masing untuk bank sentral Brasil, Meksiko, Korsel, dan Singapura, sebagai upaya melonggarkan likuiditas di negara-negara tersebut. Korsel juga tengah menjajaki hal yang sama dengan China dan Jepang.

"Itu [kucuran dolar AS] berita bagus dan akan membantu menstabilkan pasar valas lokal. Akan lebih baik lagi jika kita bisa memperluas swap line ini dengan China dan Jepang," kata Seo Chul Soo, analis fixed-income Daewoo Securities Co di Seoul.

Bank of Korea menjelaskan Korsel mencatat rekor surplus neraca berjalan pada Oktober yang membantu pergerakan won di pasar.

Mata uang won melemah mendekati level terendah selama 10 tahun setelah investor asing melepas saham dan obligasi negara ini menyusul krisis finansial dan ekonomi global.(yn)

0 komentar: