Market Watch

Economic Calendar

Minggu, 30 November 2008

Dimana Tempat Bernanke?

WASHINGTON, Waktu Presiden terpilih Barack Obama sibuk memilih anggota tim ekonominya, mulai muncul pertanyaan apakah Chairman Federal Reserve Ben Bernake akan masuk dalam tim ekonomi Obama.

Dalam kondisi yang normal, mungkin itu menjadi hal yang prematur untuk membicarakan apakah Obama akan memilihnya kembali untuk periode kedua. Mengingat jabatan Bernanke baru akan berakhir pada Januari 2010 mendatang. Sampai saat ini Obama sendiri belum memberikan komentar apa pun mengenai masa depan Bernanke.

Tapi melihat kerasnya krisis finansial yang terjadi, sejalan dengan berbagai spekulasi di media mengenai kemungkinan pengganti chairman The Fed, berkembang juga pembicaraan mengenai kenapa Bernanke kemungkinan besar tidak akan memimpin The Fed untuk periode kedua.

Kebanyakan pembicaraan itu muncul berkaitan dengan kinerja Bernanke, selain afiliasi partai dan bersih-bersih rumah waktu menghadapi masa yang sulit. “Bernanke sendiri berada dalam situasi di mana dia menjadi orang yang menyebabkan krisis bukan menjadi kapten yang tengah terjebak dalam badai,” tutur Eric Dezenhall pendiri dari Dezenhall Resources.

Di sisi lain sang presiden terpilih tentunya butuh pemain-pemain kunci yang bisa menghubungkan administrasi terdahulu dan yang akan datang. Baru-baru ini Obama menunjuk Timothy Geither, Presiden New York Federal Reserve Bank masuk dalam tim ekonominya. Padahal Geither bersama-sama dengan Bernanke dan Menteri Keuangan Henry Paulson berada dalam pusaran krisis finansial.

“Geither adalah orang yang benar-benar terlatih,” tutur Gerry O’ Driscoll mantan Presiden Dallas Federal Reserve Bank dan Citigroup. “Anda tidak mau seseorang yang tahu bagaimana melakukannya. Obama membutuhkan keberlanjutan. Dia pikir Bernanke itu sudah pudar,” tambah Driscoll yang sekarang ini ada di Cato Institute.

0 komentar: