Market Watch

Economic Calendar

Senin, 12 Januari 2009

Jepang & Korsel coba atasi krisis

oleh : Taufik Wisastra


SEOUL (Bloomberg): PM Jepang Taro Aso dan Presiden Korsel Lee Myung Bak berjanji bekerja sama dalam mengatasi krisis finansial global.

"Kerja sama antara kedua negara lebih penting di saat krisis ekonomi global. Saya mengharapkan kerja sama yang lebih erat satu sama lain, juga dalam forum internasional," ujar Lee kepada Aso pada awal pertemuan tingkat tinggi di Seoul hari ini.

Jepang dan Korsel mengupayakan peningkatan hubungan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan. Ekonomi Jepang merosot 2,85% dalam periode tiga bulan yang berakhir 31 Desember, menurut survei Bloomberg terhadap ekonom.

Bank of Korea memangkas tingkat suku bunga 50 basis poin mencapai rekor terendah pada 9 Januari seiring dengan memburuknya perekonomian yang lebih cepat dari perkiraan.

Kedua negara akan meningkatkan usaha untuk meninjau kembali akan akan memulai lagi negosiasi bagi persetujuan perdagangan bebas, atau perjanjian kemitraan ekonomi. Kedua negara juga akan mengambil langkah untuk menarik pabrikan suku cadang mesin Jepang mendirikan usaha di Korsel. (tw)

0 komentar: