Market Watch

Economic Calendar

Senin, 12 Januari 2009

Ledakan Jumlah Pengangguran di AS Picu Kelesuan Saham Asia

HONG KONG, SENIN — Sejumlah nilai saham di Asia turun, Senin (12/1), dengan ditandai kemerosotan nilai saham Hong Kong dan Korea Selatan hampir 2 persen. Penurunan tersebut berlangsung saat ledakan jumlah pengangguran di AS memancing keprihatinan yang meluas pasar yang merasa khawatir kelesuan ekonomi global dapat berkepanjangan.

Kalangan investor dihinggapi oleh kekhawatiran setelah laporan yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja AS, Jumat (9/1), menunjukkan tingkat pengangguran di negara ekonomi terbesar dunia itu mencapai 7,2 persen pada Desember tahun lalu atau terburuk dari yang diperkirakan semula. Sementara jumlah pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja di AS tahun lalu mencapai 2,6 juta atau terbesar sejak 1945.

Indeks Hang Seng merosot 249,10 poin atau 1,7 persen menjadi 14.128,34. Indeks Kospi Korea Selatan turun 22,50 poin atau 1,9 persen menjadi 1.159,08. Sementara transaksi di bursa saham Tokyo Senin ditiadakan karena berlaku hari raya nasional.

Indeks saham di Australia dan Singapura juga merosot lebih dari 1 persen. Sementara indeks saham terkemuka Shanghai turun 0,9 persen.

Data ekonomi AS yang dikeluarkan akhir pekan lalu juga memicu kemerosotan terhadap harga minyak mentah. Kontrak pengiriman minyak mentah light sweet untuk Februari turun 13 sen menjadi 40,70 dollar AS per barrel di bursa komoditas Asia.

0 komentar: