Market Watch

Economic Calendar

Senin, 04 Februari 2008

TRANSAKSI ONLINE TEKAN PENGADUAN



Jakarta, 17/01/2008 BISNIS INDONESIA

Penggunaan transaksi online dalam perdagangan kontrak berjangk komoditas, valas dan index asing diBursa Berjangka, telah meminimalkan pengaduan nasabah terhadap perusahaan pialang berjangka.
Sistem ini, sebaliknya telah mendorong terjadinya pertumbuhan volume transaksi di PT. Bursa Berjangka Jakarta. Head Training & Education Centre PT. Monex Investindo Futures Hendy Prasetya mengatakan penggunaan sistem transaksi online telah dapat menekan angka aksi tipu-tipu dilantai bursa.

"Biasalah, nasabah yang merugi biasanya gak terima. Tetapi, dengan penggunakan sistem online ini, nasabah dapat berteransaksi tanpa diintervensi, sehingga segala keputusan mereka tentukan sendiri. kalau kalah atau menang, berarti itu keputusannya sendiri,"kata Hendi kepada Bisnis kemarin.
Menurut tabel monitoring penanganan pengaduan nasabahdi bbj sepanjang 2007,perusahaan ini hanya menerima pengaduan.Kondisi ini berbeda dengan perusahaan yang belum menerapkan sistem transaksi online yang menerima 23 pengaduan.
Dirut bj Hasan Zein Mahmud mengatakan pengaduan kebursa itu belum tentu terbukti menjadi kesalahan dari perusahaan.Menurut cdia,hal itu harus dibuktikan melalui audit yang dilakukan tim bursa maupun bappebti.
Terkait dengan peningkatan volume transakai, hai inidiakui oleh Hendy. Menurut dia, pengunaan transaksi online tersebut telah mendorong perumbuhan volume perdagangan hingga dua kali lipat.
Sementara itu Mahadana Asta Berjangka juga tercatat sebagai salah satu perusahaan pialang anggota bbj yang menggunakan transaksi online.
Perusahaan ini juga menyediakan informasi pasar kepada nasabah yang dikirim melalui telpon genggam maupin surat elektronik (e-mail).
Menurut dirut Mahadana Wawan Koswandi, selama menggunakan tarnsaksi online,pihaknya dapat meningkatkan volume transaksi dan mengurangi pengaduan nasabah.

Volume transaksi pialang dan pedagang pada 2007 (LOT)


2007

%

PIALANG



Monex Investindo Futures

875.450

17,85

Solid Gold Berjangka

505.145

10,30

Mahadana Asta Berjangka

350.231

7,14




PEDAGANG



Royal Assetindo

674.025

14,41

Maxgain Investment

605.679

12,95

Sentra Arta Maxima

499.455

10,68

Sumber : Bursa Berjangka Jakarta

0 komentar: