Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 26 Februari 2008

fokus pasar

RINGKASAN

* Trader akan melihat laporan IFO Jerman, penjualan ritel, pengangguran dan PMI ritel dan CPI Zona Eropa untuk mendapat petunjuk kapan ECB akan mulai memangkas suku bunganya.
* Gambaran British pound menjadi semakin tidak pasti dengan data yang bertentangan, minggu ini akan menyediakan informasi lanjut mengenai kesehatan ekonomi UK .
* Greenspan -- pertumbuhan ekonomi AS telah berhenti dan perbaikkan butuh waktu lebih lama
* Dow naik karena berita S&P tetap memberi peringkat AAA pada MBIA
* Menstabilkan core inflation lebih baik daripada headline inflation
* Goldman akan melaporkan profit kuartalan terendah dalam 3 tahun, karena pengaruh pinjaman.


Euro: Masih Hendak Mencetak Rekor Tertinggi
Nilai tukar EUR/USD menuju target untuk mencetak rekor tertinggi dan data ekonomi dari kawasan Eropa hari ini sangat penting untuk mendukung reli. Tidak terpengaruh dari pelambatan ekonomi global, rilis awal PMI dari zona Eropa dapat mengindikasikan ekonomi masih kuat, yang menyiratkan sentimen bullish minggu ke depan. Para pelaku pasar akan melihat laporan IFO German, retail sales, tingkat penggangguran serta retail PMI dan CPI zona Eropa sebagai figure untuk memberi petunjuk kapan bank sentral akan mulai melakukan pemangkasan. Komentar dari anggota dewan ECB Gonzalez Paramo hari ini menyuratkan bahwa pemangkasan suku bunga ECB tidak akan terjadi hingga semester kedua tahun ini. Seperti anggota dewan yang lainnya, Gonzalez Paramo percaya bahwa “secara keseluruhan fundamental dari ekonomi kawasan Eropa masih menjanjikan”. Pasar futures masih mengantisipasi reduksi rate ECB sebesar 50 hingga 75 basis point, namun reaksi harga nilai tukar Euro masih belum merefleksikan sentiment tersebut.

Pound : Akankah Kenaikannya Bertahan?
Setelah laporan retail sales yang kuat di waktu lalu dan pulihnya nilai tukar poundsterling, mata uang tersebut masih terpulihkan dari area rendah. Prospek poundsterling telah menjadi semakin tidak pasti dengan laporan inflasi kuartalan sebelumnya, kuatnya retail sales serta kejutan kenaikan tingkat pengangguran konflik dengan minutes pada meeting BOE yang pesimistis (dovish). Maka dari itu data GDP UK besok, serta angka housing dan Gfk Consumer Confidence akan menjadi penting, karena akan memberikan informasi lebih lanjut akan kondisi kesehatan ekonomi Inggris. Laporan lain Mortgage Approval jatuh hampir sepertiganya di bulan Januari dari tahun sebelumnya seiring tingginya biaya kredit mencegah pembelian rumah, ditunjukkan dari laporan Asosiasi Bankers British. Bank hanya memberikan 44,288 pinjaman untuk pembelian rumah, turun 31% dari Januari 2007. Approval untuk perpanjangan kredit naik menjadi 79,016 terbanyak semenjak 2003. Laporan ini melanjutkan laporan hari Minggu sebelumnya dari Hometrack yang memperlihatkan jatuhnya nilai rumah untuk 5 bulan berturut-turut di Februari. Bulan lalu, Gubernur BOE Mervyn King mengatakan, pelemahan pasar perumahan akan selaras dengan pelambatan spending konsumen tahun ini. “Negatif untuk Pound secara keseluruhan meskipun angkanya lebih tinggi dari ekspetasi Analis,maka dari kemungkinan akan terjadi valuasi ulang terhadap nilai Pound.”

Opini Mantan Gubernur Fed Greenspan
Mantan gubernur the Fed Allan Greenspan mengatakan di hari Senin bahwa pertumbuhan ekonomi AS telah berhenti dan pemulihannya akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada biasanya. “Maka kini, pertumbuhan ekonomi AS adalah nol,” kata Greenspan pada konferensi investasi di Jeddah, Saudi Arabia. “Kami pada kecepatan nol, globalisasi perdagangan yang berkembang dan ekonomi akan memfasilitasi penyerapan shock dari AS,” katanya. Greenspan juga menambahkan boomingnya harga minyak, yang menyentuh $101.32 di hari Rabu, akan terus seperti itu.

S&P Pastikan Rating MBIA dan Ambac
Saham AS reli setelah Standard & Poor tetap memberikan peringkat kredit AAA pada MBIA Inc. dan Ambac Financial Group Inc., penjamin obligasi terbesar di negri itu. Ambac dan MBIA masing-masing naik lebih dari 10% dan membantu saham keuangan di S&P 500 naik 12.66 poin atau 1 persen ke 1, 365.77 pada pukul 2:35 pm di New York. Dow Industrial Average naik 158.67 atau 1.3 persen ke 12,539.69. Indeks Komposit Nasdaq naik 14.76% atau 0.6 persen ke 2,318.11. Sekitar tujuh saham naik dari setiap 2 yang turun di Bursa Saham New York . “Equity/Carry Trade Positif, meski pasar masih bisa turun sedikit akibat berita ini karena “fakta” dijual. Jangka Panjang – berita ini memberikan peluang untuk membeli.”

Mishkin – Fokus Pada Core Inflation

Menstabilkan inflasi membuat ekonomi lebih kuat dalam jangka panjang, dan bank sentral akan menyesuaikan suku bunga sesuai core inflation, yang mengecualikan biaya energi dan makanan. Gubernur Fed Mishkin mengatakan, Senin, “Menstabilkan core inflation membawa ekonomi ke arah lebih baik dibandingkan menstabilkan headline inflation.

Laba Goldman Akan Memudar
Goldman Sachs kali ini sangat mungkin untuk mencetak profit kuartalan terendah dalam 3 tahun terakhir, sejalan dengan pinjaman dengan leverage akan membebani hasil akhir. “Seluruh dunia mengetahui bahwa kuartal ini merupakan yang terburuk bagi Goldman, begitu juga di sector lainnya,” kata Glenn Schorr, analis sekuritas pada UBS. David Trone, analis broker pada Fox-Pitt Kelton, percaya bahwa Goldman dapat membukukan jumlah writedowns yang sama dengan tahun fiscal pertama pada tahun fiskal keduanya. Goldman seharusnya memperjualbelikan pada premi 10% dibanding rivalnya, yang mengimplikasikan harga 19% lebih rendah dibanding level saat ini, katanya Trone. Write-downs pada pinjaman dengan leverage ditotal sejumlah $1.7 milyar pada kuarter ini, estimasi dari Trone. Goldman juga menghadapi kerugian besar pada komposisi sahamnya, terutama dari Industrial & Commercial Bank of China Ltd, yang sahamnya jatuh 16% pada bursa Hongkong semenjak akhir November. Penurunan itu jika diterjemahkan pada financial Goldman sekitar $400 juta, berdasarkan angka yang disediakan firma regulator. Keseluruhan valuasi kerugian pada investasi korporat mencapai $1.4 milyar menurut Mr.Trone.

Existing Home Sales, Harga Rumah Jatuh
pada level 4.89 juta rate tahunan, lebih baik daripada perkiraan sebelumnya namun masih pada area terendah selama 9 tahun terakhir. Terdapat juga revisi lebih bagus untuk laporan bulan Desember, menjadi 4.9 juta. Nilai median harga rumah menjadi $201,100 di bulan Februari, turun 4.6% dari $210,900 di bulan Januari 2007. Sementara nilai median bulan Desember $207,000. Kejatuhan harga rumah terus berlanjut, akibat pembeli masih menghindari sector property sementara mereka menunggu harga yang lebih murah lagi. “Inventaris masih tinggi, maka tidak mengejutkan jika harganya jatuh,” kata ekonom NAR Lawrence Yun. Pinjaman hipotek serta produk kredit yang berisiko hampir punah dari market, dan selama 5 bulan terakhir, hal ini merefleksikan harga rumah yang stabil menurun. Laporan ini mengindikasikan sector perumahan masih menjadi factor penentu pertumbuhan ekonomi 2008. “Pasar masih dalam proses “buy the rumour” atas isu penjaminan deal Ambac dan tema ini kemungkinan akan mendominasi pasar hingga pengumuman yang diharapkan pada hari Selasa.”

Minyak Mentah Reli Akibat Peringatan Iran
kisaran $99/barrel di hari Senin, dipengaruhi oleh peringatan Iran bahwa penalty United Nation akan memakan biaya tinggi terhadap Barat, dan setelah invasi Turki ke timur Irak. Ekportir minyak Iran memperingatkan Negara Barat, Senin, bahwa mereka akan merasakan akibatnya sendiri jika mengesahkan resolusi penalty U.N pada republik Muslim, meningkatkan kekhawatiran bahwa Negara eksportir keempat terbesar tersebut akan memotong ekspor minyak. Kenaikan minyak juga dipicu oleh serangan Turki pada kaum gerilya Kurdi di Utara Irak, yang meningkatkan ketakutan serangan itu dapat membuat ketidakstabilan supply minyak Irak. Minyak pun naik di Asia sejalan dengan meningkatnya biaya energi dan spekulasi bahwa AS akan menurunkan suku bunga dan meningkatkan daya tarik Logam mulia sebagai posisi hedge terhadap inflasi. Emas sempat reli 4.7% minggu lalu, kenaikan mingguan terbesar semenjak 23 November akibat tingginya harga minyak dan pelemahan dollar. Sementara Minyak mentah hampir mencapai $100 per barrel di bursa New York kemarin.

Nikkei Sentuh Penutupan Tertinggi Selama 6 Minggu Karena Laporan Dana China
Nikkei naik lebih dari 3%, Senin, tutup di posisi penutupan tertinggi selama 6 minggu karena membaiknya sentiment pasar setelah surat kabar mengatakan dana sovereign wealth China akan membeli sekitar $10 milyar saham Jepang. Dorongan besar lain datang dari saham keuangan termasuk perusahaan penjamin top Millea Holdings dan bank di mana pembicaraan rencana penyelamatan penjamin obligasi AS mengurangi kekuatiran mengenai krisis kredit subprime.

Saham HK Jatuh Dengan Pasar Cina Daratan Tapi HSBC Melonjak
Saham Jepang turun, Jumat, kerena data ekonomi lemah kuatir tentang resesi AS dan membuat Blue Chip Hong Kong turun 0.2% dan China turun 1%, Senin, karena jatuhnya saham China Daratan memicu mereka menjual saham perusahaan besar China di sektor keuangan dan komoditi. Tapi saham HSBC naik karena berita bank-bank dalam negosiasi menyelamatkan penjamin obligasi Ambac Financial yang mengurangi kerugian lebih lanjut di pasar kredit.

Saham Seoul Naik Karena Sektor Keuangan
Saham Seoul naik 1.3%, dipimpin oleh perusahaan pemberi kredit karena harapan sektor ini dapat menghindari kerugian lebih dalam dari krisis kredit, sedang LG Electronics naik karena investor yakin kenaikan penjualan handset akan menaikkan pendapatan. Developer juga reli karena pidato sumpah Presiden baru Korsel Lee Myung-bak, Senin, meningkatkan harapan bekas pengusaha ini akan mendorong secara agresif kebijakan pertumbuhan baru, termasuk janjinya untuk membangun kanal di seluruh daerah.

0 komentar: