Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 13 Februari 2008

FOKUS PASAR

RINGKASAN

  • Inflasi UK sekarang lampaui target BoE 2% untuk 4 bulan, menambah kemungkinan naiknya harga konsumen karena biaya bahan baku naik ke rekor tertinggi.
  • Goldman menurunkan ekspektasi belanja konstruksi untuk 2008 ke 2010 untuk mencerminkan kehancuran gambaran makro dan penurunan GDP ekonom Goldman.
  • Enam bank terbesar AS merencanakan program untuk membantu orang menyelesaikan masalah kredit rumahnya.
  • Warren Buffett akan mengatasi krisis dengan menawarkan penjaminan liabilitas $800 milyar dari perusahaan MBIA, Ambac dan FGIC Corp.
  • Saham yang paling terkena resesi adalah di sektor Logam & Pertambangan, Automobil dan Bangunan & Konstruksi.
Inflasi UK Naik Ke 7 Bulan Tertinggi

Inflasi U.K. naik ke 7 bulan tertinggi di Januari setelah biaya bensin, makanan dan furnitur naik, membuat ruang sempit bagi pejabat moneter untuk memotong suku bunga untuk mendukung partumbuhan ekonomi. Harga konsumen naik 2.2% dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan 2.1% di Desember. Prediksi ekonom di 2,3% naik. Bulan itu, harga jatuh 0.7%. Sedangkan Core CPI 1.3% vs 1.4% sebelumnya dan potensi bearish dalam jangka pendek. Inflasi sekarang telah melewati batas target Bo Edi 2% untuk 4 bulan, menambah kemungkinan kenaikan harga konsumen ke level tertinggi karena kenaikan biaya bahan baku dalam ekonomi. Pembuat kebijakan mempertimbangkan ancaman itu terhadap kebutuhan terhadap pemangkasan suku bunga lebih lanjut setelah potongan minggu lalu untuk melindungi Inggris dari pelambatan ekonomi. "Secara umum Positif Pound. Alasan bahwa Pound kehilangan kekuatan pertama karena Rate utama, di luar biaya makanan dan energi, turun, dari 1.4% bulan lalu menjadi 1.3% bulan ini.”

Gambaran Ekonomi Goldman

Sektor konstruksi, termasuk pembangun rumah telah lemah sejak keputusan suku bunga minggu lalu, kekecewaan terbesar bahwa BoE tidak memotong 50 basis poin. Tapi kerusakan pagi ini dilakukan Goldman Sachs, mereka menurunkan prediksi untuk mencerminkan gambaran makro yang memburuk. Goldman merevisi turun ekspektasi belanja konstruksi untuk 2008 ke 2010 untuk mencerminkan kehancuran gambaran makro dan penurunan GDP ekonom Goldman. Mereka juga menganalisa scenario yang lebih bearish yang berisi pertumbuhan ekonomi AS dan Eropa melambat secara signifikan tahun 2008 dan 2009 (sebelumnya hanya 2008). Goldman juga menargetkan penurunan harga di beberapa sektor konstruksi.

6 Bank Utama Miliki Rencana Sita

Enam dari peminjam kredit AS terbesar akan mengumumkan program untuk mengatasi masalah peminjam yang gagal bayar serta menghentikan proses penyitaan rumah sementara mereka mencoba mengerjakan skema pembayaran baru, menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut. Peminjam akan bergabung dalam sebuah program bernama “Project Lifeline," termasuk diantaranya bank yang terlibat Washington Mutual, Bank of America, Wells Fargo, JP Morgan Chase, Citigroup dan CountryWide Financial. Hari seninnya, Countrywide mengumumkan program reformasi gabungan dengan ACORN untuk membantu masyarakat dengan masalah kredit KPR tetap berada dalam rumahnya. Sebagai tambahan "Project Lifeline", Countrywide serta ACORN akan menawarkan kredit peminjam yang mengalami kegagalan untuk membayar dengan beberapa opsi seperti bunga tetap dan pemangkasan, serta system pembayaran ulang jangka pendek.

Buffet Tawarkan Jaminkan Obligasi

Warren Buffett memberikan penawaran untuk penjaminan obligasi terhadap MBIA, AMBAC dan FGIC Corp. senilai $800 bn. Salah satu perusahaan menolak tawaran tersebut sementara dua lainnya belum memberikan respon, menurut Buffet dalam televisi CNBC. Buffet mengatakan proposal tidak termasuk dengan surat berharga subprime mortgage yang merupakan penyebab utama kerugian sebesar $5 milyar di semester lalu. Berkshire akan memulai dengan $5 milyar sebagai bagian dari rencana tersebut, kata Buffet. Penjamin obligasi memberikan pinjaman surat berharga utang dengan rating AAA senilai $1.2 trillion, dimana ranking tersebut dapat diragukan apabila mereka mengalami downgrade. JIka utang yang dijamin dengan rating AAA dari Berkshire, surat berharga utang tersebut juga akan bisa mempertahankan ranking tingginya, menurut Buffet. "Berita ini, dikombinasi dengan berita tentang proyek 7 bank besar (lihat artikel disebelah kiri) cenderung menjadi pemicu sentiment positif terhadap Saham/Carry Trade "

Penurunan Benar Terjadi

Melihat efek yang signifikan pada pelambatan ekonomi serta beberapa saham. Hari ini, kami mesti mengakui bahwa sentiment negatif dapat dikatakan mendeskripsikan realitanya, gambaran sementara ini masih belum jelas apakah menyerap laporan mendatang. Meskipun ekonom belum membuat prediksi resesi yang berat (dimana kami ekspetasikan pertumbuhan GDP sebesar 2.1% di AS tahun ini, tapi pertumbuhan nol atau mungkin kontraksi pada GDP di semester 1 serta 1.3% pertumbuhan GDP di Zona Eropa), secara keseluruhan, 2008 seharusnya ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang lemah di beberapa negara industri, yang akan berimbas juga pada ekonomi negara berkembang (rata-rata pertumbuhan GDP diprediksikan pada 6.6% vs 8.2% di tahun 2007 untuk Negara tersebut). Kejadian resesi, seperti terlihat di tahun 1991 – 1992 dan 2000 – 2001, potensial penurunan untuk saham-saham Eropa hanya sebesar 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya (pada 6 February 2008). Saham-saham yang akan terkena imbas dari scenario resesi terutama pada sektor Logam & Tambang, Auto, serta Kontruksi.

Commerzbank : Yen, Frank Akan Raih Gain Terkait `Wake-Up Call,' G –7

Yen Jepang dan frank Swiss, mata uang paling populer untuk mendanai carry trades, akan diuntungkan dari ``naiknya pesimisme'' menyusul pertemuan akhir pekan Group of Seven, menurut Commerzbank AG. Sejumlah bank sentral dan para men-keu dari ekonomi terbesar dunia menyudahi pertemuan mereka di Tokyo dengan pernyataan yang menyebutkan ``resiko penurunan berlanjut,'' tanpa menjelaskan spesifik. Mata uang Jepang akan menguat ke level tinggi dalam 13-tahun terhadap dollar kuartal ini sementara frank akan merangkak ke level terkuatnya sejak Juni 2006 melawan euro, prediksi bank terbesar kedua Jerman. Yen akan menguat ke 99 per dollar di Maret, level tertingginya sejak September 1995, sebelum anjlok ke 1.03 di pertengahan tahun, prediksi bank di Frankfurt. Frank akan menguat ke 1.55 per euro di akhir kuartal pertama dan menuju 1.58 di akhir semester pertama, dibanding dengan 1.601saat ini.

Keyakinan Investor Jerman Naik

Keyakinan Investor di Jerman naik di luar prediksi, menyiratkan ekonomi terbesar Eropa akan menaungi kejatuhan akibat resesi perumahan AS. Pusat ZEW untuk Riset Ekonomi Eropa mengatakan indeks investor dan ekspektasi analis naik ke minus 39.5 dari 15 tahun terendah di minus 41.6 bulan lalu. Prediksi ekonom minus 45. Kekuatiran bahwa AS akan jatuh ke dalam resesi telah memicu kejatuhan pasar saham dan memberi sentimen negatif. Dan, pelambatan ekonomi terbesar Eropa akan terbatas karena keyakinan bisnis Jerman naik dari 2 tahun terendah dan pengangguran turun ke level rendah dalam 15 tahun. “Positif Euro."

Korea Selatan Akan Menahan Suku Bunga Unchange Untuk Enam Bulan

Melonjaknya harga bahan mentah telah menambah tekanan harga di dalam ekonomi belum lagi menghadapi kegagalan dari lambatnya A.S, Eropa dan Jepang yang akan menghambat permintaan porduk-produk buatan Korea . ``Bank of Korea akan bertahan di Pebruari seiring tingginya inflasi telah diredakan dengan resiko turunnya pertumbuhan, '' ungkap Kwon Young Sun, ekonom pada Lehman Brothers Holdings.

Rencana Buffett Angkat Wall Street

Optimisme mengenai kemungkinan rencana penyelamatan untuk penjamin obligasi memicu penguatan di antara perusahaan keuangan, termasuk Citigroup. Investor milyader Warren Buffett mengatakan dia membuat proposal ke 3 penjamin obligasi terbesar untuk menjamin $800 milyar dalam bentuk obligasi. Pendapatan bagus dari perusahaan pertanian Mosanto dan pembuat obat Schering-Plough menambah optimisme investor. “ Warren sedang melakukan penyelamatan bagi bisnis obligasi – hal itu membuat orang bergairah dan yang membuat mereka melakukan reli.

Saham HK Rebound Setelah Turun, Diakibatkan Saham Komoditi

Saham komoditi naik seiring naiknya harga minyak ke level 1 bulan tertinggi. Volume tipis, meski demikian, mengindikasi kurangnya keinginan beli karena investor menunggu dibukanya kembali pasar domestik saham A China hari Rabu setelah libur tahun baru bulan. Dalam jangka pendek, Hang Seng akan mencoba menyentuh level moving average 250 hari atau sekitar di bawah area 23,700 poin. Beberapa investor menunggu Konggres Rakyat Nasional yang akan dibuka bulan depan ketika Beijing akan umumkan pelonggaran kebijakan moneternya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih pak, bisa membantu saya dalam melihat market.....