Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 29 April 2008

Mampukah The Fed Menyelamatkan AS Dari Resesi?

Setiap resesi yang terjadi di AS dalam 95 tahun terakhir ini disebabkan oleh (paling tidak sebagiannya) Federal Reserve.

Penjelasannya sebenarnya cukup sederhana. Masalah perekonomian rupanya terlalu kompleks dan dinamis bagi the Fed untuk bisa memprediksi akan ke mana arahnya dalam beberapa tahun ke depan.

Dan untuk ‘memperburuk’ keadaan, senjata mereka yang paling efektif untuk mengontrol ekonomi – yaitu penyesuaian tingkat suku bunga – bisa membutuhkan waktu enam hingga delapan belas bulan untuk memperbaiki stabilitas ekonomi. Dengan kata lain, satu-satunya jalan bagi Federal Reserve untuk menyelamatkan perekonomian dari resesi adalah dengan mengetahui apa yang akan terjadi – paling tidak – dalam enam hingga delapan belas bulan ke depan.

Hal ini jelas tidak mungkin, meskipun the Fed menggunakan seluruh perangkat ekonomi yang dimilikinya. Dan, inilah alasan utama mengapa mereka terkesan sangat lambat dalam merespon siklus perekonomian.

Secara singkat, skenarionya lebih kurang sebagai berikut:

Jika the Fed menganggap bahwa pertumbuhan ekonomi terlampau cepat, mereka akan membiarkan tingkat suku bunga tetap tinggi. Semakin lama the Fed menahan suku bunga di level yang tinggi, maka perekonomian AS akan semakin melambat. Pada kenyataannya, the Fed biasanya tidak akan menurunkan tingkat suku bunga hingga mereka melihat sinyal-sinyal pelambatan dalam pertumbuhan ekonomi. Sialnya, ketika mereka baru menyadarinya, resesi telah telanjur berada di ambang pintu, dan pemotongan suku bunga pertama yang dilakukan the Fed tidak akan terasa efeknya hingga enam bahkan delapan belas bulan ke depan!

Sepertinya, 'cara terbaik' untuk berpikir mengenai bagaimanakah cara the Fed untuk menyelamatkan AS dari resesi adalah: mereka mencoba memastikan bahwa resesi tidak akan berlanjut menjadi depresi ekonomi. Ironis, tapi kelihatannya itulah hal terbaik yang bisa dilakukan the Fed, untuk saat ini.

Jadi, jangan buru-buru terpancing untuk bertaruh bahwa Anda percaya bahwa the Fed mampu menyelamatkan AS dari resesi. Tidak untuk saat ini. Saat ini, the Fed terlihat belum memiliki cukup kekuatan untuk menambal kebocoran pundi-pundi ekonomi Uncle Sam. Mereka memerlukan lebih dari sekedar memotong suku bunga.

Good trading. Good luck.

0 komentar: