Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 29 April 2008

Mantan Ketua the Fed Era '70-'80-an Kritik Bernanke dan Greenspan


Paul Volcker, mantan Ketua the Fed era 1970-1980an, mengkritik ketua saat ini Ben Bernanke dan pendahulunya, Alan Greenspan.


Volcker, yang pernah menyelamatkan ekonomi AS dari stagflasi, mengkritik Bernanke karena memutuskan untuk menyelamatkan Bear Stearns, dan Greenspan karena berlagak tidak ada kaitannya dengan masalah ekonomi saat ini.

Volcker mengatakan pinjaman $29 milyar untuk membantu Bear Stearns itu melampaui otoritas the Fed. Ia menyatakan langkah tersebut tidak sesuai dengan prinsip dan praktik bank sentral.

Menurutnya, terlepas dari kondisi yang darurat, penjalanan kekuasaan telah dilakukan dengan cara yang tidak sesuai atau tepat bagi bank sentral.

Ia mengatakan bahwa pemberian pinjaman ke institusi keuangan non bank oleh the Fed, akan diinterpretasikan sebagai suatu janji hal yang sama akan dilakukan di masa mendatang.

Volcker juga secara implisit mempertanyakan Greenspan yang menggembar-gemborka n sistem keuangan baru yang cemerlang. Volcker mengatakan sistem itu, meski dipenuhi dengan pelaku yang hebat dan ada manfaat, telah gagal melewati ujian pasar.

Mengenai kritikan tersebut, Greenspan mengatakan bahwa ia tidak menyesali kebijakan yang dijalankan selama ia menjabat. Ia juga mengatakan tidak banyak yang dapat dilakukan otoritas untuk mencegah krisis sektor perumahan.

Greenspan selama ini dihujani kritik karena pada masanya ia menetapkan suku bunga yang terlalu rendah, yaitu 1%, selama 2002-2003. Selain itu ia disalahkan karena gagal mengendalikan subprime mortgage dan Adjustable Rate Mortgage (ARM).

Ia mengakui tidak mengira akan terjadi penggelembungan perumahan (housing bubble) dan krisis subprime mortgage. Namun ia mengatakan bukan tugas bank sentral untuk mengatasi penggelembungan itu. Ia menambahkan meski saat itu ditetapkan peraturan atau kebijakan moneter yang lebih ketat, hal itu tidak dapat mengatasinya.

0 komentar: