Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 29 April 2009

6 Bank besar di AS butuh tambahan modal

WASHINGTON (Bloomberg): Hasil stress test pemerintah AS memperlihatkan setidaknya enam bank dari 19 terbesar di AS membutuhkan tambahan modal.

Sumber yang mengetahui masalah ini menyebutkan sejumlah bank memerlukan injeksi dana segar ekstra dari pemerintah, yang sebagian besar berasal dari konversi saham preferred menjadi saham biasa. Federal Reserve, paparnya, tengah mendengar pengajuan dari sejumlah bank, termasuk Citigroup Inc dan Bank of America Corp, terkait dengan tambahan bantalan untuk mencegah kerugian.

Dengan mendorong konversi saham dari pada bantuan federal, pemerintah mengizinkan bank untuk mendorong kinerja tanpa pengaruh politik antara Wall Street dan Congress terkait bailout. Risiko yang terjadi yakni dilusi pemegang saham eksis sehingga pemerintah tidak memiliki cukup kekuatan.

Hasil akhir dari stress test akan dilansir pekan depan. Gubernur Federal Reserve Ben S. Bernanke dan Menteri Keuangan Timothy Geithner serta pejabat lainnya dijadwalkan bertemu pekan ini untuk mendiskusikan tes itu.

Geithner menegaskan penambahan modal bank bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk koversi saham preferred yang dimiliki pemerintah setelah injeksi yang dilakukan tahun lalu, meningkatkan dana swasta atau menggenjot perolehan pajak. Dengan menekankan pada penggunaan saham biasa dalam stress test, konversi saham preferred merupakan opsi lainnya.(yn)

0 komentar: