Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 29 April 2009

Indeks konsumen AS melonjak ke level 39,2


WASHINGTON (Bloomberg): Indeks konsumen AS melonjak ke posisi tertinggi sejak 2005 bulan ini saat saham-saham mengalami rally, harga rumah turun dan di tengah antisipasi tersedianya kembali lapangan pekerjaan.

Indeks sentimen, seperti dilaporkan BPS AS, naik melebihi perkiraan dalam lima bulan terakhir ke level 39,2. Dalam laporan terpisah menunjukkan penurunan harga rumah di 20 kota di AS, melambat di bulan Februari untuk pertama kalinya sejak 2007.

"Ada kepastian bahwa ekonomi mulai membaik, meski data sebelumnya tak menggambarkan itu. Ini adalah titik awal pemulihan," ungkap Michael Darda, ekonom kepala di MKM Partners LP di New York. Kendati "kita segera akan pulih" tapi ekonomi "sedang menuju titik terendah antara Juni dan Oktober tahun ini dan setelah itu mulai" tumbuh.

Saham--saham jatuh dan para pelaku pasar tergelincir setelah laporan hari ini yang sebenarnya memberi sinyal ketatnya resesi mulai mengendur. Kenaikan indeks kepercayaan konsumen ini meningkatkan kemampuan konsumen mengatasi rintangan, termasuk meningkatkan belanja konsumen, dimana 70% dari kegiatan ekonomi, akan berlanjut.

Laporan BPS hari ini paralel dengan data polling publik yang menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir. Sebagian besar orang Amerika percaya bahwa ekonomi terbesar di dunia itu tengah menuju ke jalan yang benar.

0 komentar: