Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 22 April 2009


Punya sistem baru, BBJ gelar simulasi komoditas

JAKARTA (Bisnis.com): PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) menggelar simulasi transaksi multilateral kontrak berjangka selama 2 bulan untuk 5 produk komoditas yang dilakukan secara on-line. Simulasi kali ini juga sebagai uji coba sistem transaksi yang baru yang dapat mengakomodasi beberapa produk sekaligus.

Dirut BBJ Hasan Zein Mahmud mengatakan dalam rangka sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang lindung nilai dan pemahaman tentang mekanisme pembentukan harga sebagai fungsi utama perdagangan berjangka, serta dalam upaya meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi dan meningkatkan likuiditas transaksi produk-produk kontrak berjangka yang sudah ada, BBJ dan Lembaga Kliring, PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), kembali menyelenggarakan simulasi terpadu Transaksi Multilateral Kontrak Berjangka secara on-line.

Produk kontrak berjangka yang ditransaksikan secara multilateral, yaitu produk yang berbasis komoditi, diantaranya Kontrak Berjangka Olein (OLE), Kontrak Berjangka Emas (GOL), Kontrak Gulir Indeks Emas (KIE), Kontrak Gulir Emas dalam Rupiah (KGE) dan Kontrak Gulir Emas dalam US$ (KGEUSD).

"Simulasi transaksi multilateral kontrak berjangka ini akan diselenggarakan selama dua bulan, mulai Kamis, 16 April-16 Juni 2009. Simulasi ini dilakukan dengan sistem on-line dimana peserta dapat mengikuti simulasi dari manapun yang memiliki akses atau jaringan internet," kata Hasan melalui siaran pernya usai jumpa pers siang ini, Rabu (15/4) di Jakarta.

Simulasi kali ini menggunakan sistim elektronik yang baru, yang memungkinkan beberapa kontrak ditransaksikan secara simultan. Dengan demikian, setiap peserta memiliki peluang untuk memanfaatkan ketrampilannya membaca trend dari berbagai produk dalam portfolio yang lebih komprehensif.

Sebelumnya, BBJ hanya melakukan simulasi atas satu jenis produk karena sistem elektroniknya belum memadai melakukan transaksi secara sekaligus.

Pemenang simulasi akan diberikan hadiah, total sebesar Rp90 juta, dengan rincian sbb :


- Pemenang I : Rp. 50.000.000,- (disponsori oleh PT Harumdana Berjangka)
- Pemenang II : Rp. 25.000.000.- (disponsori oleh PT Milenium Penata Futures)
- Pemenang III : Rp. 15.000.000,- (disponsori oleh PT Monex Investindo Berjangka)


Penyelenggara juga menyediakan Piagam Penghargaan kepada pialang dengan tiga katagori yaitu: pialang dengan jumlah total nasabah aktif terbanyak, pialang dengan total volume terbanyak, dan pialang dengan total profit nasabah terbesar.

Ketentuan dan tata cara simulasi dapat diperoleh secara lengkap pada situs resmi BBJ http://www.bbj-jfx.com/atau dapat menanyakannya secara langsung pada pialang-pialang anggota BBJ yang terdekat dari tempat tinggal calon peserta simulasi di kota masing-masing.

Sebagai penunjang pelaksanaan simulasi, BBJ memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk mengikuti workshop mengenai perdagangan berjangka (tidak dikenakan biaya) selama simulasi berlangsung. Workshop akan diselenggarakan apabila peserta telah mencapai minimal 20 orang.

0 komentar: