Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 21 April 2009

Volume transaksi di BBJ meningkat

JAKARTA: Meski pelaku pasar khawatir dengan dampak peraturan perpajakan yang baru, volume transaksi di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) masih mencatatkan pertumbuhan pada bulan lalu.

Total volume transaksi pada Maret mencapai sekitar 541.672 lot lebih tinggi dari perdagangan pada periode yang sama tahun lalu yang masih 451.508 lot.

Namun, kenaikan itu lebih banyak didorong transaksi di luar bursa (over the counter/OTC) yang terdiri dari sistem perdagangan alternatif (SPA) dan penyaluran amanat luar negeri (PALN).

Kedua sistem itu tidak dikenakan pajak penghasilan 2,5% dari margin awal yang mulai dikenakan kepada pelaku perdagangan berjangka sejak 1 Januari.

Sementara itu, volume transaksi komoditas yang lebih dikenal sebagai multilateral masih 'jalan di tempat.' Volume transaksi OTC pada Maret mencapai 541.026 lot, sedangkan multilateral hanya sekitar 646 lot. BBJ sampai dengan tahun ini baru memiliki lima jenis kontrak multilateral yaitu olein, kontrak indeks emas (KIE), emas, kontrak gulir emas (KGE), dan kontrak gulir emas dalam dolar AS (KGE-USD).

Transaksi KIE mendominasi kontrak multilateral pada Maret sebesar 312 lot diikuti emas 249 lot, KGE-USD sebanyak 81 lot, dan olein 4 lot, sedangkan KGE belum juga mendapat peminat. (Bisnis/Luz)

0 komentar: