Market Watch

Economic Calendar

Senin, 20 April 2009

ECB buka opsi penurunan suku bunga

TOKYO: Presiden European Central Bank (ECB) Jean-Claude Trichet mengatakan tidak akan mengabaikan opsi memangkas suku bunga yang sangat agresif, meskipun kebijakan suku bunga 0% tidak sesuai dengan bank itu.

"Dalam jumpa pers terakhir, saya mengatakan tidak mengecualikan pilihan melanjutkan penurunan suku bunga yang sangat besar. Tidak ada yang dapat saya tambahkan dari pernyataan itu. Sementara ini, tidak ada pertimbangan dari pembuat kebijakan bahwa kebijakan suku bunga 0% sesuai bagi ECB," ujarnya kemarin.

Bulan ini, ECB memangkas suku bunga acuan lebih rendah dibandingkan dengan proyeksi sejumlah ekonom sebesar 0,25 poin menjadi 1,25%. ECB menunda keputusan baru di luar instrumen standar kebijakan, seperti membeli surat berharga pinjaman sampai 7 Mei 2009.

Sebanyak 22 anggota dewan pembuat kebijakan ECB mengembangkan cara terbaik membendung resesi terburuk sejak Perang Dunia II di kawasan itu.

Anggota dewan ECB dari Jerman Axel Weber telah menyingkirkan pilihan memangkas suku bunga di bawah 1%, dan tidak ingin membeli surat berharga pinjaman.

Trichet menegaskan tidak ada perbedaan pendapat antara gubernur dewan ECB. Dia menolak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai sejumlah kemungkinan kebijakan nonstandar yang akan dilakukan bank sentral itu, sebelum pertemuan pada 7 Mei 2009. (ESU)

0 komentar: