Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 15 April 2009

BoJ cermati indikasi pemulihan global

oleh : Bloomberg

TOKYO (Bloomberg): Gubernur Bank of Japan Masaaki Shirakawa menyatakan bank sentral tengah mencermati kinerja ekonomi di luar indikasi-indikasi pemulihan global.

"Di saat penurunan ekspor dan berkurangnya hasil produksi, kami mengharapkan investasi bisnis dan belanja konsumen tetap melemah dan menjadi faktor utama pemicu pertumbuhan," jelas Shirakawa pada pertemuan komite parlemen di Tokyo, hari ini.

Perusahaan menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan produksi setelah melakukan pemotongan sepanjang 5 bulan dan Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 26% setelah menyentuh level terendah 26 tahun pada Maret di tengah optimisme membaiknya ekonomi global.

Kebijakan bank sentral kemungkinan akan mengurangi perkiraan pertumbuhan Januari di saat mereka mengumumkan laporan perkiraan ekonomi kedua tahunan pada 30 April. Januari lalu bank sentral memperkirakan perekonomian kontraksi 2% tahun ini sampai Maret 2010, penurunan terdalam sejak 1945.

Shirakawa menyatakan kondisi ekonomi semakin parah sejak Januari dan para pembuat kebijakan menambah beban investasi serta konsumsi yang turun akibat berkurangnya ekspor dan produksi. Bank sentral, tuturnya, tidak berencana untuk mengendorkan persyaratan pembelian obligasi korporasi dari para peminjam. Pembelian bank tidak akan banyak bertambah karena bank menganggap membeli utang koorporasi lebih aman dalam membantu perusahaan untuk meminjam.

Baru-baru ini bank tersebut membeli obligasi perusahaan kelas A atau lebih tinggi dan jatuh tempo di atas 1 tahun.(t03/yn)

0 komentar: