Market Watch

Economic Calendar

Rabu, 08 April 2009

Indeks kepercayaan konsumen Australia naik


SYDNEY (Bloomberg): Indeks kepercayaan konsumen Australia naik terbesar dalam 8 bulan menyusul keyakinan pulihnya perekonomian global di tengah kenaikan bursa saham dan pendistribusian dana tunai oleh pemerintah kepada para pembayar pajak.

Westpac Banking Corp dan Melbourne Institute meneliti sebanyak 1.200 konsumer pada 30 Maret-5 April tercatat indeks sentimen menguat 8,3% pada April menjadi 92,7 poin dari Maret yang turun 0,2%. April adalah bulan ke-15 dengan indeks di bawah 100 yang menandakan pesimistis melebihi optimistis.

Laporan itu mendukung pandangan bank sentral bahwa penurunan terbesar bunga kredit, sejalan dengan dana tunai pemerintah senilai A$42 miliar (US$30 miliar) dan investasi di sektor infrastruktur akan mendorong belanja konsumen yang mempengaruhi setengah lebih perekonomian negara. Gubernur bank sentral Glenn Stevens memotong suku bunga acuan 3%, terendah sepanjang 49 tahun.

"Ini [indeks konsumen] sangat mengejutkan. Paket stimulus agaknya menyelamatkan sektor konsumer," ucap Bill Evans, ekonom kepala Westpac banking Corp di Sydney.

Dolar Australia diperdagangkan pada US$0,7095 pada 10:34 a.m. waktu Sydney dari US$0,7094 sebelum laporan survei ini diturunkan. Obligasi berjangka pemerintah berjangka 2 tahun menguat 2 basis poin menjadi 3,07%.

Perdana Menteri Kevin Rudd tengah mencoba menopang perekonomian yang tanpa disangka mengalami kontraksi selama kuartal IV untuk pertama kali sepanjang 8 tahun dengan bantuan tunai total A$12,2 miliar atau sebesar A$950 ke orang. Konsumen juga dimanjakan dengan pasar saham, yang melonjak 20% di AS dan Australia pada minggu-minggu terakhir.

Indeks perhitungan ekspektasi konsumen atas kondisi ekonomi untuk 12 bulan ke depan naik 16,9%, sebuah opini apakah saat ini waktu yang tepat untuk membeli barang-barang rumah tangga utama yang menguat 3,2%. Pemecatan pekerja Australia bulan lalu diperkirakan sebanyak 25.000, menyebabkan angka pengangguran naik 5,4% dari 5,2%, level tertinggi sepanjang hampir 4 tahun.

Gubernur Reserve Bank of Australia Stevens mengurangi suku bunga acuan sampai seperempat poin sebesar 3% kemarin, bertambah dari empat persentase poin yang dipotong September lalu.(t03/yn)

0 komentar: