Market Watch

Economic Calendar

Selasa, 14 April 2009

OPEC Bakal Turunkan Produksi Lagi


TEHERAN, KOMPAS.com - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) kemungkinan akan mengurangi produksi minyak mereka jika permintaan minyak dunia berlanjut turun dalam waktu dekat, kata perwakilan OPEC di Iran Mohammad Ali Khatibi, Senin (13/4). Pertemuan OPEC mendatang akan diselenggarakan 28 Mei mendatang.


"Jika permintaan berlanjut turun hingga pertemuan mendatang OPEC, kemungkinan produksi minyak OPEC akan turun," kata Khatibi yang dikutip harian Hamshajri.

OPEC telah mengurangi produksinya rata-rata 4,2 juta barrel per hari sejak September menjadi 24,84 juta barrel per hari (BPH), lebih rendah sejak invasi AS di Irak pada 2003.

Hari Minggu, Menteri Perminyakan Iran Gholam Hossein Nozari mengatakan penerapan pengurangan produksi oleh OPEC untuk membantu meningkatkan harga minyak dari turunnya harga di masa mendatang.

Iran, merupakan negara pengekpor minyak terbesar kedua dunia berperan untuk menentukan harga minyak dunia antara 75 dan 80 dollar per barrel.

Harga minyak mencapai puncak tertinggi di atas 147 dollar per barrel pada Juli tahun lalu tapi tahun ini turun menjadi antara 40 hingga 55 dollar AS per barrel.

OPEC mengatakan harga minyak diperkirakan sebesar 75 dollar AS. Pada posisi itu, investasi dan eksplorasi dan produksi menjadi profitable.

Hari Senin, harga minyak berkurang dengan kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pegiriman Mei, menurun 99 sen menjadi 51,25 dollar AS per barrel di perdagangan siang perdagangan di Asia.

Minyak mentah Laut Utara Brent untuk pengiriman Mei turun 57 sen menjadi 53,49 dollar AS per barrel.

0 komentar: