Market Watch

Economic Calendar

Kamis, 23 April 2009

IMF prediksi resesi makin parah

oleh : Bloomberg


WASHINGTON (Bloomberg): Dana Moneter Intersational (IMF) memprediksi resesi global akan semakin parah dan proses pemulihan lebih lambat dari perkiraan sebelumnya karena pasar keuangan yang belum stabil.

IMF, berbasis di Washington, memperkirakan perekonomian dunia akan melemah 1,3% tahun ini, dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan 0,5% pada Januari. Lembaga tersebut memperkirakan ekspansi 1,9% tahun depan dari estimasi sebelumnya 3%.

Prediksi terakhir itu itu memperlihatkan posisi sulit yang akan tetap dihadapi perekonomian dunia di tengah prediksi berkuranganya resesi terparah setelah Perang Dunia II ini. Perbaikan belum pasti terjadi yang tergantung pada pengaruh kebijakan untuk mendorong permintaan.

"Faktor kunci dalam mengakhiri inti dari penurunan dan perbaikan adalah kecepatan mengembalikan kesehatan sektor keuangan," ungkap IMF pada World Economic Outlook tengah tahunan.

Pada pertemuan singkat di Washington, Chief Economist IMF Olivier Blanchard menyatakan pemulihan akan dimulai tahun depan, namun proses kembali normal akan memakan waktu lebih lama.

Perubahan angka prediksi muncul sehari setelah IMF mengkalkulasi kerugian seluruh dunia dari kredit macet dan aktiva sekuritas sebesar US$4,1 triliun pada akhir 2010 karena resesi dan kredit bermasalah sangat mempengaruhi institusi finansial.

Para regulator AS menempatkan beberapa bank terbesar negara ke dalam 'stress test' untuk melihat jumlah modal yang dibutuhkan demi bertahan dari penurunan perekonomian KE depan. Morgan Stanley hari ini melaporkan estimasi kerugian US$177 juta.

Pemulihan akan lebih lambat dari biasanya karena kemerosotan kali ini disebabkan oleh krisis finansial yang berlansung di seluruh dunia, lanjut pemberi bantuan dana tersebut. Laporan tersebut termasuk bagian menunjukan sesuatu yang disebut jurang produksi, dimana suplai lebih besar dari permintaan, yang akan tetap negatif untuk waktu yang belum bisa diperkirakan.

Perekonomian AS akan tergelincir 2,8% tahun ini dan zona euro akan kontraksi sebesar 4,2% pada 2009 dan 0,4% tahun depan, tulis laporan. PDB Jepang akan melemah 6,2% tahun ini lalu kemudian naik 0,5% tahun depan. (t03/tw)

0 komentar: