Market Watch

Economic Calendar

Senin, 06 April 2009

Saham Asia terangkat pernyataan Bernanke


TOKYO (Bloomberg): Saham Asia menguat memasuki hari keempat, dimotori oleh perusahaan keuangan dan tambang, setelah Chairman AS Federal Reserve Ben S. Bernanke mengatakan sejumlah kebijakan untuk mencairkan pasar kredit tengah bekerja.

Mizuho Financial Group Inc, perusahaan pendanaan terbuka terbesar kedua di Jepang, menguat 2,9% di Tokyo. Nissan Motor Co naik 2,4% karena Merrill Lynch & Co mengangkat estimasi harga terhadap perusahaan itu dan yen melemah ke terendah 5 bulan. Panasonic Corp, produsen terbesar dunia untuk elektronik konsumen, mendaki 4,3% setelah Nomura Holdings Inc menaikkan peringkat sahamnya menjadi beli.

Indeks MSCI Asia Pacific terangkat 0,6% menjadi 87,29 pada pkl. 10.37 di Tokyo, memperkecil penurunannya tahun ini menjadi 2,6%. Indeks MSCI Asia telah mengalami reli 24% dari posisi terendah 5 tahun lebih yang dicapai 9 Maret lalu.

Indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang menanjak 1,6% menjadi 8.886,87. Indeks Kospi Korsel naik 0,9% meski setelah Korea Utara meluncurkan roketnya kemarin yang melintasi Jepang. Indeks S&P/ASX 200 terangkat 0,1% di Australia. Seluruh pasar yang buka untuk perdagangan hari ini menguat.

Kontrak pada Indeks Standard & Poor’s 500 AS naik 0,3%. Indeks itu menguat 1% pada 3 April karena VIX index tertekan ke bawah 40 untuk pertama kali sejak Januari, yang mengindikasikan para pedagang menjadi lebih yakin terhadap penguatan pasar.

Reli saham 4 pekan itu telah mendorong nilai rerata perusahaan pada MSCI Asia Pacific Index menjadi 18 kali laba yang dilaporkan, tertinggi sejak 30 November 2007, ungkap data yang dihimpun Bloomberg.(er)

0 komentar: